Rabu, 17 Desember 2008

Satu Kota Serempak Online!

Postingan ini masih di tahun 2008. Dimana pada saat kami memposting, Obama pun belum dilantik jadi Presiden Amerika Serikat. Dalam waktu yang tak bisa dipause, marilah kita melihat teknologi apa yang terbaru saat ini.
Berbagai macam gadget pasti berkecamuk dalam kepala Anda. Kalau bukan gadget, mungkin mobil super canggih, atau bisa juga alat militer yang sangat mengerikan. Pikiran Anda tidak salah. Tetapi blog ini akan sumpek jika membahas itu semua. Kami akan memberikan clue mengenai teknologi tersebut.
Teknologi yang akan kami bahas, memungkinkan kita mengakses internet gratis, bahkan pada saat kita baru bangun tidur dan masih di tempat tidur. Teknologi ini memungkinkan kita untuk serempak online satu kota! Nah, penasaran kan? Apakah sebenarnya teknologi tersebut?
Eng..ing..eng.. Teknologi yang kami bahas di postingan kali ini adalah WiMAX atau nama panjangnya Worldwide Interoperability for Microwave Access.
Apakah itu? Wimax adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh.
Kasarnya, kalau kita ke café yang bisa hotspot biasanya jangkauan sinyal hanya di dalam café tersebut. Tetapi Wimax dengan jangkauan sangat luas, ukuran café tersebut bisa digunakan untuk satu kota!
Wimax merupakan salah satu bentuk teknologi nirkabel yang sedang menjadi pusat perhatian operator telekomunikasi, pebisnis maupun pengguna internet di dunia.

Pada dasarnya, cara kerja WiMAX tidak jauh berbeda dengan Wi-Fi. Hanya saja WiMAX memiliki kecepatan yang lebih tinggi, jangkauan yang lebih luas, dan penanganan user yang lebih banyak. Seperti halnya pada Wi-Fi, WiMAX juga bekerja pada gelombang frekuensi rendah yaitu antara 2 GHz dan 11 GHz. Range frekuensi ini tidak mudah terganggu dengan benda-benda yang mungkin bisa menghalangi jalur data sehingga merupakan pilihan yang tepat sebagai media penghantar aliran data kecepatan tinggi. Saat ini, Wi-Fi berkecepatan tinggi hanya mampu menghantarkan bandwidth sebesar 54 megabit per detik, itu pun bila bekerja pada kondisi optimal. WiMAX memiliki kemampuan lebih baik dalam hal ini. Dengan 70 Mbps, WiMAX dapat melayani ratusan user sekaligus dengan kecepatan setara cable-modem untuk setiap user-nya.
Bila membandingkan Wi-Fi dan WiMAX maka perbedaan terbesar bukan pada kemampuan bandwidth pada setiap sistem, melainkan pada jangkauannya. Sebuah WiMAX Tower mampu merangkul user yang berada pada kisaran 50 km pada kondisi geografis yang baik. Hal ini adalah kabar yang sangat menggembirakan terutama untuk para ISP yang sudah menawarkan koneksi Wi-Fi pada paket koneksi Internet mereka. Sebab dengan menggunakan WiMAX, ISP tidak perlu lagi membangun banyak repeater seperti yang digunakan pada Wi-Fi. Ini dikarenakan jangkauan nya yang sangat luas. Bayangkan, sebuah ISP hanya membutuhkan satu buah antena untuk menjangkau ratusan user-nya yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Suatu hal yang baru, pastilah memiliki dampak. Baik positif atau negatif. Berhubung teknologi ini adalah suatu teknologi komunikasi, mari kita “senggol” dampak tersebut dari sifat komunikasi.
Mari kita mulai, dari sifat yang pertama, yaitu interactivity. Agar tidak ada yang bingung, kami sedikit memberi ulasan sekilas terhadap sifat komunikasi ini. Sifat interactivity adalah sebuah kemampuan dari teknologi komunikasi baru, biasanya melibatkan komputer untuk dapat “berbicara” balik (talk back) kepada usernya. Hampir seperti individu yang terlibat dalam kegiatan konfersasi.
Dalam Wimax, interactivity diwujudkan oleh pengguna yang chatting, saling mengirim email atau pengiriman pesan, iklan atau apapun yang membuat pengguna seolah mendapat “pembicaraan” dari komputer.
Sifat yang kedua yaitu demassified. Atau bisa disebut perubahan sifat media, yang dari konsumsi massa, menjadi konsumsi perorangan. Nah, ciri dari sifat ini adalah sebuah era yang ditandai semaki aktifnya user memilih media massa yang diinginkan.
Jika Wimax telah terpasang dan siap dipakai, berarti user/pengguna mempunyai satu option baru dalam mengarungi media massa. Wimax yang dapat diakses dari rumah sendiri tentu menjadi pertimbangan dibandingi dengan media massa lain.
Asynchronous adalah sifat yang ketiga sekaligus terakhir dibahas dalam posting ini. Asynchronous berarti tidak serempak. Analogi kasarnya adalah, ketika koran menerbitkan eksemplarnya, ambil contoh Koran Kompas, maka satu Nusantara akan membaca rubrik dan informasi yang sama.
Tetapi sekarang, langsung dengan Wimax, maka ambil contoh dua orang yang sedang online mencari bahan tentang “eskrim”. Webpage yang diakses pasti jauh berbeda. Links yang ditelusuri juga akan jauh berbeda. Tentunya perbedaan jauh dengan koran dan teknologi ini, bukan?

Terimakasih kepada (Yang menginspirasikan kami) :
Anon. - . WiMaX. http://www.roseindia.net/technology/wimax/
Anon. , 2007. WiMAX Tutorial. http://www.tutorial-reports.com/wireless/wimax/tutorial.php
Blacharski, Dan. 2008. What Is WiMAX. http://www.wisegeek.com/what-is-wimax.htm
Marszalek, Marcin. 2007. Voice over WiMAX - Changing the Rules of Telecom. http://www.wimax.com/commentary/spotlight/voice-over-wimax-changing-the-rules-of-telecom/
Oates, John. 2006. Milton Keynes gets WiMAX. http://www.theregister.co.uk/2006/08/21/pipex_miltonkeynes_wimax_wireless/
Ohrtman, Frank. 2006. WIMAX in 50 Pages: A SIMPLE EXPLANATION TO A COMPLEX SUBJECT. http://www.wimax.com/education/wimax/what_is_wimax
Rosenbush, Steve. 2005. Why Wimax could hit hotspot. http://www.businessweek.com/technology/content/oct2005/tc2005105_6161_tc024.htm
Roush, Wade. 2004. Why WiMAX?. http://www.technologyreview.com/Infotech/13870/
Sciannamea, Michael. 2005. WiFi and Mobile WiMAX: Friends or Foes. http://wimax.weblogsinc.com/2005/12/22/wifi-and-mobile-wimax-friends-or-foes/
Tag: WiMAX, Interconnection Technology, Broadband Internet Access, Wireless Internet Connection

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Wi-Max sebenernya salah satu tugas UTS Pertekom saya..Bagi saya,
Wi-Max sangat menarik dan itu merupakan suatu bukti peningkatan teknologi yang sangat baikk..
Tapi sampi saat ini Wi Max masih jarang ditemukan masih terkalah kan dengan Wi-Fi yang di endoors oleh Melsa sebagai provider yang berani mempositioningkan dirinya sebagai pencetus provider Wi-FI..
Harpannya, Wi-Max bisa ada hingga d pinggiran kota dan dapat ditangkap dengan PC biasa sehingga IGOS akan dicapai Indonesia dalam periode TIK ke4 ini.

*fallenstar mengatakan...

infonya berguna banget nih, sbenernya saya kurang ngerti dengan wi max.. well.. bisa dijadikan refernsi.. :)

Anonim mengatakan...

keren ni infonya,,,,,

Anonim mengatakan...

Wi-Max.......kalo gak salah sedang dalam taraf perencanaan untuk didistribusikan ke Indonesia.....kapan dan dimana, rasa-rasanya itu pertanyaan yang harus dijawabnya!!!!

just wait and see............